Anak Anda Suka Menggigit Kuku, Atasilah dengan Trik Ini

Anak Anda Suka Menggigit Kuku, Atasilah dengan Trik Ini - Banyak kebiasaan buruk yang bisa terbawa dari kecil hingga dewasa, kebiasaan umum yang cukup mengganggu adalah kebiasaan menggigit kuku. Menggigit kuku bisa dilakukan ketika seseorang merasa gelisah, bosan alias tidak memiliki sesuatu yang bisa dilakukan, bagi anak, menggigit kuku adalah hal yang membantu mereka merasa lebih nyaman ketika sedang berada di kondisi tidak menyenangkan. Kebiasaan ini termasuk suatu kebiasaan yang kurang sehat bagi anak-anak karena dalam kuku terdapat begitu banyak kuman, apalagi mengingat bahwa anak memiliki aktivitas yang terhubung langsung dengan dunia alam yang tidak pernah jauh dari kotor dan kuman tentu saja. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa trik yang bisa membantu Anda mengatasi kebiasaan gigit kuku pada sang buah hati.

Anak Anda Suka Menggigit Kuku

Potong kukunya. Salah satu teknik pencegahan menggigit kuku yang paling mudah, yakni dengan memotong langsung kuku anak Anda. Gunakan gunting kuku yang bersih, potong kuku anak dengan hati-hati agar tidak merobek kulit di sekitarnya, segeralah memotong kuku anak jika kuku mereka sudah terlihat panjang.

Boleh saja memakaikan pewarna kuku. Semua anak suka hal yang manis, apalagi anak perempuan. Agar anak perempuan Anda tidak terus menyakiti diri sendiri dengan menggigit kukunya, maka Anda bisa mengalihkan perhatian mereka dengan mewarnai kukunya di waktu libur sekolah. Anak Anda akan merasa sayang untuk menggigit kuku mereka jika melihat warna cantik di kuku mereka.

Gunakan sarung tangan. Memakaikan sarung tangan agar seluruh bagian telapak tangan tertutupi termasuk kuku.

Rendam telapak tangan dengan air garam. Buatlah ramuan air dan garam untuk merendam telapak tangan anak Anda, ketika merasakan rasa asin ketika anak mencoba menggigit kuku mereka, mereka tidak akan menyukainya dan berhenti untuk mencoba menggigit kuku mereka lagi.

Berikan kesibukan. Untuk mengalihkan perhatiannya dari kebiasaan gigit kuku, berikanlah beberapa kesibukan yang menyenangkan, Anda bisa memberikan buku gambar atau permainan mendidik lainnya. Anda juga bisa meminta mereka untuk membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah, berikan saja yang ringan seperti, membersihkan kamar mereka sendiri.

Bubuk cabe atau jus pahit. Jika rendaman air garam gagal, alihkanlah dengan bubuk cabe. Hati-hati ketika mengguanakan bubuk cabe, jangan sampai masuk ke mata anak. Membuat jus pahit dari beragam sayuran pahit, seperti paria yang kemudian Anda oleskan kepada jari tangan anak Anda, jangan lupa bagian kukunya. 

Berikan pengertian. Untuk membuat anak Anda memahami berbagai sikap Anda yang selalu berusaha untuk menghentikan kebiasaan gigit kuku yang anak lakukan, maka teruslah untuk memberikan pengertian padanya, katakan bahwa kebiasaan menggigit kuku itu tidak baik untuk kesehatan dan kecantikan, gunakan kata-kata yang mudah dimengerti, buat Anda berperan sebagai teman yang baik.